taburan

Rabu, 26 Maret 2014

Bioma taiga



1. Bioma hutan taiga (konifer)
     Bioma Taiga adalah suatu hutan yang didalamnya hanya terdapat satu spesies pohon yang sejenis seerti konifer atau pinus dan sejenisnya. Keberadaan taiga dapat dilihat terutama di kawasan belahan bumi bagian utara seperti Rusia, Siberia Utara, dan Kanada Tengah dan Utara. Pertumbuhan taiga pada musim panas berlangsung selama 3 sampai 6 bulan.

Ciri-ciri Bioma Taiga

     Ciri – ciri dari Bioma Taiga ini diantaranya suhu yang mencapai 0°F di musim dingin dan mencapai 90°F atau lebih pada musim panas. Musim dingin berlangsung sangat panjang dan daerah ini sangat basah karena penguapannya rendah. Taiga juga terdapat di daerah yang beriklim sedang dengan curah hujan mencapai 35 – 40 cm setiap tahun. Bila musim dingin datang, tanah yang ada akan berubah menjadi es dan mencapai 2m dibawah permukaan tanah. Taiga sendiri memiliki tanah yang asam.

 



FLORA

     Tumbuhan yang ada di Taiga ini selalu berwarna hijau sepanjang tahun meskipun pada waktu itu adalah musim dingin dengan suhu yang sangat rendah. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa hanya beberapa tumbuhan saja yang dapat hidup di taiga ini misalnya konifer dan pinus. Dikarenakan banyaknya tumbuhan konifer yang tumbuh di taiga ini membuat taiga disebut sebagai hutan konifer. Pohon yang ada di hutan konifer ini berbentuk seperti jarum dan juga mempunyai zat lilin yang membuatnya tahan terhadap kekeringan. Tumbuhan konifer itu seperti alder, birch, juniper dan spruce.


FAUNA
     Keadaan yang ada membuat hanya sedikit hewan yang dapat bertahan hidup di daerah taiga ini. Beberapa diantaranya seperti beruang, serigala , beruang hitam, dan burung-burung yang akan bermigrasi bila musim dingin tiba. Selain itu terdapat juga hewan seperti tupai dan mamalia kecil. Hewan – hewan tersebut mampu berhibernasi saat musim dingin datang. Hewan – hewan yang hidup di daerah Taiga biasanya terletak di daerah selatan tundra yaitu di daerah yang beriklim sedang dengan kutub. Sehingga daerah ini disebut dengan hutan boreal atau hutan berawa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar